Kenapa Password Minimal Harus 8 Digit??

Ahh..ini dia, memang tidak ada yang bisa memberikan jawaban yang lebih baik daripada sebuah pengalaman yang kita alami sendiri. Kenapa sih kalo kita mau sign-up sebuah account tertentu di internet seperti membuat e-mail atau lain sebagainya harus mengisi sebuah password yang minimal terdiri dari 8 digit dan lebih baik kalo password tersebut berupa campuran antara huruf (A-Z) dan angka (0-9), hayooo.. mau tau kenapa??

Jadi begini ceritanya, dulu saya sempat mengkompress beberapa file menjadi sebuah file .ZIP yang demi alasan keamanan saya password file .ZIP tersebut. Setelah beberapa lama disimpan dan tidak pernah dibuka ternyata baru beberapa hari yang lalu saya membutuhkannya.. nah untuk mengextract isi file .ZIP tersebut tentu harus memasukan password yang cocok dengan password yang dulu saya masukan donk.. nah celakanya saya sudah tidak ingat lagi passwordnya.. wah.. akhirnya setelah mencari solusinya kesana-kemari maka saya bertemu dengan sebuah software gratis yang bisa meng-crack password tersebut, ya sebuah program yang secara otomatis dan tidak kenal lelah bisa mecoba beberapa kombinasi huruf dan angka dan akan berhenti jika kombinasi passwordnya cocok.

Untuk kombinasi password dari 1 sampai 6 digit sih sepertinya tidak masalah karena bisa diselesaikan dalam waktu dari mulai 5 menit sampai hitungan jam, tetapi ketika memasuki kombinasi 7 digit nah baru ketauan masalahnya, dari informasi “time remaining” yang ada di software tersebut, kombinasi password 7 digit baru bisa selesai dalam waktu kurang lebih 1,5 hari!! Nah kebayang donk kalo ternyata password yang saya buat dulu mempunyai panjang lebih dari 20 digit.. berapa lama kira-kira ya??? seminggu?? sebulan??

Berhubung saya keburu males menunggunya dan kasian juga komputernya akhirnya niatan saya untuk meng-crack password file .ZIP saya itu saya urungkan, lagian isi filenya tidak terlalu penting kok..

Jadi kesimpulannya, semakin panjang digit password yang kita punyai apalagi ditambah dengan kombinasi huruf, angka dan karakter lainnya jika diperbolehkan (seperti: #$%^&*), maka semakin tinggi pula tingkat keamanan yang kita miliki.

Oiya, bagi kamu yang pingin tahu mesin (software) penge-crack password, tanya aja sama Om Google. Percaya deh beliau dengan senang hati bakal ngebantu..

Sumber: http://www.menarik.info/2007/02/kenapa-password-minimal-harus-8-digit.html

Iklan

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s