Inilah Festival-Festival Aneh di Dunia !!

Setiap negara biasanya memiliki perayaan khas yang dimeriahkan dengan festival unik. Ini biasanya menjadi semacam tradisi yang mampu mendatangkan ribuan orang berkumpul dan bergembira bersama. Di Indonesia, ada tradisi omed- omedan atau ciuman massal antara pemuda dan pemudi Desa Banjar Kaja, Sesetan, Bali, sebagai wujud kebahagiaan di hari ngembak geni, sehari usai nyepi. Sangat menarik untuk mengetahui apa saja festival- festival unik yang terjadi di berbagai belahan negara. Seperti beberapa festival berikut.

1. Festival Perang Tomat atau La Tomatina

Setiap tahun, ribuan orang Spanyol, bergabung dengan banyak turis berkumpul di Bunyol, Spanyol untuk festival perang tomat: La Tomatina. Dari siang hingga malam pada hari Rabu terakhir bulan Agustus akan terjadi ‘kerusuhan’ yang melibatkan banyak tomat sebagai senjata. Warga yang ikut festival akan saling melempar dan akan banyak bubur tomat mengotori kota.

2. Festival Ganja, Cannabis Cup

Ada festival mencari daun ganja terbaik selama lima hari di Amsterdam, Belanda. Para ahli daun ganja akan merasakan daun ganja varietas terbaru secara bersama-sama. Selain itu, juga ada diskusi yang membahas agar ganja menjadi legal. Pengunjung juga bisa memberikan suara pada jenis ganja yang difavoritkan.

3. Festival melompati bayi, El Colacho

Dalam acara tahunan aneh ini, ada orang dewasa yang berpakaian seperti iblis yang melompati bayi-bayi kecil. El Colacho telah menjadi tradisi sejak 1620. Hal ini dilakukan untuk mengusir roh jahat dan membersihkan bayi yang baru lahir dari dosa asal.

4. Monyet makan prasmanan, Monkey Buffet Festival

Festival yang diadakan di luar kuil Pra Prang Sam Yot di provinsi Lopburi, Thailand, ini sangat memanjakan para monyet yang tinggal di sekitarnya. Populasi monyet di kawasan itu akan berkumpul untuk makan lebih dari 2000 kilogram buah dan sayuran segar yang sudah tertata apik di meja panjang. Festival ini dilakukan untuk menghormati Raja Rama, yang memerikan temannya, Hanuman (Monkey King) sebuah provinsi yaitu yang sekarang dikenal dengan Lopburi.

5. Festival kesuburan atau Kanama Matsuri

Saat festival Kanama Matsuri, para warga akan mengenakan busana berwarna pink dan ada parade yang membawa lolipop raksasa berbentuk penis. Ornamen penis memang menjadi hiasan utama festival. Festival ini sudah ada sejak berabad lalu, ketika para pelacur berdoa untuk melindungi diri dari penyakit sipilis. Dan kini, festival dilakukan untuk berdoa memohon agar terhindar dari penyakit menular seksual dan mencari berkah bagi mereka yang ingin memiliki anak.

6. Festival of the Hungry Ghost (China)

Dari namanya, Festival Hantu Kelaparan, festival ini kedengaran agak mengerikan. Festival ini dirayakan di satu hari menurut penanggalan Cina dimana orang China percaya bahwa pintu makhluk halus di buka sehingga roh-roh dari bawah dunia akan naik ke atas. Di hari itulah mereka percaya bahwa penjara roh jahat dibuka sehingga roh tersebut bisa menikmati kebebasan di hari tersebut. Orang-orang akan membakar uang kertas, mobil-mobilan dari kertas, dan semuanya yang dari kertas untuk roh-roh tersebut karena mereka mempercayai adanya kehidupan di dunia roh-roh. Ada yang membakarnya untuk sanak famili akan tetapi tidak sedikit juga yang membakarnya hanya untuk roh-roh yang tidak dia kenal. Perayaan itu sekitar 2-3 hari dan orang-orang akan memasang lentera dan dupa untuk menjaga agar roh-roh tersebut hanya di lautan dan tidak gentayangan terlalu jauh di dunia.

7. Songkran Festival

Songkran adalah festival pertandingan air terbesar di dunia yang diadakan di bulan April, bulan terpanas di Tahiland. Orang-orang akan menyemprot temannya atau bahkan orang yang tidak dikenal dengan selang, balon air, atau bahkan pistol air. Dulunya, festival ini adalah berbentuk seremoni akan tetapi lama kelamaan menjadi festival yang besar yang bertahan 3-10 hari tergantung masing-masing daerah.

8. Parade Dewa obat

Lebih dari 160 kelenteng di Taiwan merayakan hari Dewa Obat dengan parade, akan tetapi kelenteng yang asli adalah kelenteng Ching Tzu di Hseuhchia. Penari, pendeta, musisi berjalan di jalanan dengan balon menyerupai Dewa Obat, dipimpin oleh kelompok yang menamakan dirinya Centipedes. Para pemuja dewa tersebut menjatuhkan diri di depan Centipedes untuk diinjak dengan keras dengan harapan akan mengusir roh-roh jahat dari tubuhnya.

9. Boryeong Mud Festival

The Boryeong Mud Festival di Korea Selatan adalah tradisi yang baru di mulai di tahun 1998 untuk mempromosikan kesehatan kulit yang bisa didapatkan dari lumpur yang kaya akan mineral di Boryeong. Festival ini memancing turis dari seluruh dunia yang kebanyakan sebenarnya tidak begitu peduli dengan kesehatan kulit tetapi hanya mau mendapatkan waktu yang menyenangkan di lumpur lengket ini. Selama seminggu di festival ini, orang-orang bisa meluncur di lumpur, bergulat di lumpur, dan kontes foto. Ketika sudah selesai, anda bisa membersihkan diri dengan shampo, sabun dan sun block terkenal dari Boryeoungs.

10. Phuket Vegetarian Festival

Bila anda beranggapan bahwa Festival Vegetarian ini hanyalah festival biasa dimana orang-orang berpantang daging, maka anda salah. Di festival ini ada pertunjukkan yang sangat mencengangkan dimana orang-orang akan mendemonstrasikan kehebatan mereka untuk menindik mulut-mulut mereka dengan bahan runcing. Pemandangan yang mengerikan apalagi kalau dilihat dari jarak dekat!

11. Cheese Festival

Cheese Rolling Festival yang diadakan setiap Mei di Cooper’s Hill, Gloucestershire di Inggris Raya. Festival ini dimulai dengan melempar keju ke bukit yang sangat curam, setelahnya ratusan orang akan berlari menuruni bukit (mempertaruhkan nyawa dan anggota tubuh) agar dapat menangkap keju. Setiap tahun selalu ada korban dan untuk alasan inilah anak-anak tidak diperbolehkan untuk berpartisipasi, walaupun seringkali anak laki-laki dari kota setempat akan bergabung dengan cara apapun. Untuk anak-anak, terdapat sebuah bukit ras. Perempuan dan laki-laki rasnya akan terpisah dalam acara utama.

12. Bonfires of St John

Api unggun Saint John adalah festival populer di Spanyol yang diselenggarakan pada tanggal 19 sampai tanggal 24 Juni. Festival yang aneh ini melibatkan penyalaan api unggun. Penduduk setempat akan berbagi cokelat panas sambil menonton api unggun. Lalu anak-anak dari desa secara bergiliran masuk berjalan melalui api. Seluruh minggu diisi dengan pesta kembang api termasuk menampilkan delapan puluh enam gadis-gadis muda yang dipilih sebagai yang “tercantik”. Dan gadis yang “tercantik” ini akan memimpin festival sebagai Queens.

13. Great Tossing Festival

Di Spanyol terdapat festival aneh. Setiap tahun pada minggu keempat di bulan Januari, penduduk setempat kota kecil bernama Manganeses de la Polvorosa berkumpul bersama untuk merayakan festival melempar kambing, ini dilakukan untuk menghormati St Vincent de Paul, santo pelindung mereka. Festival ini telah ada semenjak lama tapi tak seorang pun tahu kapan dimulainya. Dalam festival ini seorang pemuda akan membawa naik seekor kambing, dan ia membawanya ke puncak menara tempat lonceng bergantung di gereja lokal. Dia kemudian melemparkan kambing itu dari ketinggian 50 kaki, sementara warga desa lainnya yang di bawah akan membentangkan selembar terpal untuk menangkap kambing itu. Meskipun sebetulnya pejabat desa melarang acara tersebut tetapi pada kenyataannya acara itu pun terus dilakukan. Tak kurang pula berbagai organisasi hak-hak binatang telah mengkritik tentang hal ini, meskipun pada akhirnya kritikan mereka juga diabaikan.

14. Roswell UFO Festival (USA)

Roswell UFO Festival merayakan ulang tahun “Insiden Roswell,” ketika sebuah UFO itu dikatakan telah jatuh ke dasar militer di dekatnya. Menampilkan pakar, penulis, peneliti, dan dosen membedah insiden yang terkenal. Perayaan juga dimeriahkan olahraga alien, parade alien, lomba kostum alien, dan alien naik balon udara panas.

15. Hadaka Matsuri

Hadaka Matsuri adalah festival Jepang di mana para peserta semua telanjang. Festival ini dirayakan berkali-kali sepanjang tahun di berbagai bagian wilayah Jepang dan mereka yang terlibat biasanya memakai jenis kain pinggang tradisional Jepang. Festival ini sering melibatkan penggunaan lumpur (untuk hiburan) dan perempuan maupun laki-laki di festival ini terpisah. Di beberapa kota, festival ini khusus diadakan untuk anak-anak, tapi kadang-kadang anak-anak yang berpartisipasi dalam festival adalah anak dewasa. Festival ini mempunyai asal-usul sebagai acara keagamaan, tetapi lambat laun aspek-aspek keagamaannya sudah hampir terlupakan.

16. Fiesta de Santa Marta de Ribarteme

Setiap tahun di Las Nieves, Spanyol, orang-orang yang telah mengalami pengalaman hampir mati pada tahun sebelumnya berkumpul untuk menghadiri perayaan Misa di Saint Marta de Ribarteme, Santo Pelindung kebangkitan. Tapi di sini mereka muncul di Misa membawa peti mati, atau dibawa dalam peti mati. Setelah misa, peti mati semuanya dibawa ke puncak bukit dekat dengan patung suci. Meskipun aneh ini termasuk acara, orang-orang akan menyalakan kembang api dan penjaga toko mengisi jalan-jalan untuk menjual benda-benda keagamaan.

17. Goose Clubbing Festival

Sampai saat ini, festival tahunan ini diadakan di Jerman di mana angsa diikat dan kemudian dipukuli oleh orang-orang lokal sampai kepalanya lepas. Karena mendapat keluhan dari aktivis hak-hak binatang, maka festival ini sekarang menggunakan angsa yang sebelumnya telah dibunuh. Peristiwa yang sangat serupa terjadi di Spanyol setiap tahunnya, di mana seorang pria akan bergelantungan pada leher angsa yang digantung kakinya sampai kepala angsa itu lepas. Meski saat ini angsa yang digunakan sudah mati sebelumnya. Festival ini sudah dimulai 350 tahun. Festival ini di Spanyol dinamakan Antzar Eguna.

18. Thaipusam

Thaipusam adalah festival agama Hindu (dirayakan kebanyakan oleh Tamil) diadakan pada bulan Januari/Februari setiap tahun untuk merayakan kelahiran Murugan (putra dewa Siwa dan Parwati). Para peserta mencukur kepala mereka dan melakukan ibadah, yang di akhir acara mereka akan menusukkan tusuk sate yang sangat tajam melalui lidah atau pipi. Beberapa praktisi meletakkan pengait ke belakang mereka kemudian menariknya dengan benda-benda berat seperti traktor. Tujuannya adalah untuk menimbulkan rasa sakit sebanyak mungkin, semakin seseorang bertahan, semakin banyak “berkat” yang dia terima dari para dewa. Festival ini populer di India, tetapi perayaan terbesar terjadi di Singapura dan Malaysia, di mana itu adalah menjadi hari libur umum.

19. Up Helly-Aa: Festival Api (Shetland Islands)

Sebagai penghormatan ke pulau-pulau ‘Viking Past, Up Helly-Aa ( “End of the Holy Days”), festival api yang diselenggarakan di Shetland setiap tahun di tengah musim dingin untuk menandai akhir musim Yule. Festival ini melibatkan prosesi hingga seribu guizers, dan berpuncak dengan pembakaran 32-ft. replika kapal Viking. Karena sering-flamboyan kostum dan kuantitas besar laki-laki berpakaian seperti perempuan, ia telah menerima nama lelucon ‘banci selasa’.

20. Holi: Festival Berwarna (India)

Holi, juga disebut Festival Berwarna, adalah festival musim semi populer Hindu di India, Guyana, dan Nepal. Pada hari kedua, yang dikenal sebagai Dhulhendi, orang menghabiskan hari dengan melempar bubuk dan air berwarna satu sama lain. Musim musim, di mana perubahan cuaca, yang diyakini adalah virus menyebabkan demam dan dingin. Demikian, bermain-main melempar bubuk berwarna memiliki signifikansi obat: warna secara tradisional terbuat dari Neem, Kumkum, Haldi, Bilva, dan tanaman obat lain yang diresepkan oleh dokter Ayurvedic.

21. Maslenitsa: free-for-all boxing match (Russia)

Di negara-negara Ortodoks, minggu sebelum Pra-Paskah ditandai dengan serangkaian perayaan, termasuk gratis-untuk-semua pertandingan tinju di mana tidak ada aturan. Dalam abad yang lalu, perjuangan hanya berakhir ketika seseorang yang berpartisipasi berlumuran darah dan kehilangan pakaian.

22. Tunarama: the Tuna Tossing Festival (Australia)

Tunarama Festival yang diadakan di Port Lincoln, di ujung Semenanjung Eyre, pada Australia Day (26 Januari). Ketika festival dimulai pada tahun 1962, itu dimaksudkan untuk mempromosikan industri perikanan tuna muncul di Port Lincoln. Ikan tuna sekarang menjadi salah satu kota industri terbesar dan Australia memiliki pabrik pengalengan ikan tuna terbesar yang terletak di sana. Acara utama festival adalah kompetisi melemparkan tuna. Ex-Olimpiade pelempar palu, Sean Carlin, memegang rekor untuk pelemparan terpanjang di 37,23 meter ditetapkan pada tahun 1998.

(Dari berbagai sumber)

Iklan

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s