Kota Kubah, Pohon Gaek dan Ikan Dokter

El Qued, Kota Seribu Kubah

Barangkali sulit bagi anda untuk menemukan nama kota EL QUED ini di peta. Kota kecil ini terletak di Aljazair, di tengah-tengah oasis “The Great Eastern Erg” di kawasan gurun sahara yang paling terik. Selama 365 hari penuh di sepanjang tahun, kota ini selalu cerah di bawah terik sinar matahari, tanpa pernah tersentuh oleh air hujan setetes pun.

Untuk mengantisipasi cuaca terik yang menyengat, seluruh bangunan gedung umumnya dibuat dalam bentuk ruangan luas berventilasi banyak, dengan atap berbentuk kubah. Dilihat dari kejauhan, El Qued ini bagaikan kota dengan seribu kubah. Persis seperti kotak karton telur tengkurap.

Macrozamia, Pohon Paling Gaek di Dunia

Dalam berbagai kepustakaan disebutkan, pohon yang mencapai umur paling gaek (tua sekali) di dunia ini adalah pohon raksasa Sequoia di California, AS. Tetapi ternyata anggapan seperti itu sangat keliru. Sebab dalam kenyataannya, justru pohon yang berumur paling panjang adalah tanaman Macrozamia yang banyak tumbuh liar di kawasan Queensland, Australia. Menurut perkiraan, usia pohon itu ada yang sudah mencapai 12.000 sampai 15.000 tahun, atau tiga kali lebih gaek dari usia pohon Sequoia.

Sekilas, Macrozamia ini sangat mirip dengan pohon kelapa biasa. Tetapi sangat beda. Memang mereka tergolong jenis tanaman palma juga, dengan ketinggian bisa mencapai 19 meter. Buahnya pun tidak menyerupai dengan buah kelapa biasa yang kita kenal, tetapi lonjong memanjang serta mirip buah nanas. Setiap buah Macrozamia panjangnya bisa sampai 0,5 meter dengan berat sekitar 40 kg.

Ikan dan Ular Dokter

Di desa Kavak, pedalaman Turki, terdapat salah satu bukti kemahabesaran Allah. Di desa itu terdapat sungai bermata air panas yang berkhasiat dalam penyembuhan ajaib. Airnya 37 derajat celsius, memiliki antiseptik yang tinggi. Di dalamnya hidup ikan-ikan (menurut teori tidak ada ikan yang dapat hidup dalam air bersuhu lebih dari 30 derajat celsius). Terdiri dari tiga jenis, berukuran 2 dan 9 cm. Yang pertama ikan delici, bermulut halus yang bertugas menghaluskan kulit yang sakit. Kedua, ikan pansuman, bermulut lebih besar yang bertugas menghisap darah dari luka. Dan ketiga, ikan imici, bertugas membersihkan luka. Ikan-ikan itu hanya ‘melayani’ pasien yang sakit kulit atau eksim. Ribuan ekor hitam akan mengerubungi kulit yang sakit. Dalam waktu tiga minggu, penyakit kulit akan sembuh total.

Di bagian lain sisi sungai juga terdapat ular yang panjangnya kurang lebih 70 cm. Berwarna hijau jeruk dan hanya mengurusi luka-luka gigitan ular dan infeksi jamur ergot. Pasien yang menderita penyakit tersebut akan didatangi ular dalam beberapa menit setelah berendam di air. Mula-mula ular itu akan mengelilingi luka dua sampai tiga kali sebelum menjilat dan menghisap darah. Setelah menerima perlakuan tersebut pasien akan sembuh.

Sejarah Uang Kertas

Uang kertas adalah ciptaan bangsa Cina, yang mula-mula dicoba pada tahun 900 M dan lazim dipakai mulai tahun 970 M. Uang kertas (Banco Sedlar) yang paling awal di dunia dikeluarkan di Stockholm, Sweden, pada bulan Juli 1661. Uang kertas paling tua yang masih ada sekarang adalah sehelai uang bernilai 5 daler (bukan dollar!) yang dikeluarkan pada tanggal 6 Desember 1662. Uang kertas Bank of England paling tua yang masih ada sampai sekarang adalah uang bernilai E SSS, bertanggal 19 Desember 1699, berukuran 11,4 x 19,6 cm.

Ibnu Yunus, Sang Astronom Muslim

Ibnu Yunus atau lengkapnya Abu Al-Hasan Ali bin Said Abdur Rahman bin Yunus As-Sadafi, adalah salah seorang astronom muslim terkemuka. Namanya melejit sebagai astronom ulung. Ini terutama karena penemuannya berupa bandul (ayunan) yang digunakan untuk mengetahui detik-detik waktu dalam meneropong benda-benda angkasa, seperti halnya bandul yang digunakan untuk jam dinding. Ia lebih dahulu -kurang lebih enam abad- dibanding Galileo Galilei (1564-1642 M) yang selama ini dianggap sebagai penemui alat bandul, yang di negara Arab disebut “miwar” dan di Barat dikenal sebagai “pendulum”.

(Dari berbagai sumber)

Iklan

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s