Bagaimana Pesawat Ulang-Alik Meluncur Ke Ruang Angkasa?

Pesawat ulang-alik adalah pesawat yang dibuat khusus sebagai sarana transportasi menuju ke ruang angkasa. Dengan daya gerak roket yang berkekuatan luar biasa, pesawat ulang-alik mampu meluncur di atmosfer dan di luar atmosfer bumi yang hampa udara.

Dalam setiap peluncuran ke ruang angkasa, pesawat ulang-alik selalu berawak, terdiri atas para astronot yang menjalankan misi penelitian di stasiun ruang angkasa, menjelajah ruang angkasa, atau meluncurkan satelit.

Pesawat ulang-alik merupakan sarana transportasi utama proyek ambisius bagi pengembangan teknologi di ruang angkasa, sehingga sejauh ini masih dikuasai Amerika Serikat dan Rusia. Kedua negara besar dan maju itu pula yang sejauh ini telah memiliki stasiun ruang angkasa.

Pada dasarnya, pesawat ulang-alik terdiri atas tiga bagian. Pesawat pengorbit, roket pemacu, dan tangki bahan bakar luar. Bagaimana cara pesawat ulang-alik meluncur ke ruang angkasa?

Pertama, pesawat ulang-alik lepas landas dengan menggunakan mesin utama ditambah dua roket pemacu berbahan bakar padat yang berkekuatan luar biasa, sehingga menimbulkan ledakan dahsyat dan asap tebal.

Kedua, pada ketinggian tertentu tenaga kedua roket diperhitungkan sudah habis, lalu dilepas dari pesawat dan dijatuhkan dengan parasut. Berkat parasut itu, kedua roket yang jauh di laut tetap terapung. Kemudian ada tim khusus yang mengambil kedua roket itu dengan kapal.

Untuk apa kedua roket bekas itu diambil lagi? Jika masih baik, masih bisa diisi ulang dengan bahan bakar padat untuk digunakan lagi pada misi peluncuran berikutnya. Dengan begitu, sedikit menghemat biaya.

Ketiga, pada ketinggian tertentu bahan bakar pada tangki luar diperhitungkan sudah habis, lalu dilepas dan jatuh. Ketika tangki memasuki atmosfer bumi akan meledak dan reruntuhannya jatuh ke dalam samudera.

Keempat, pesawat pengorbit meluncur sendiri dengan mesin penggerak yang dimiliki pesawat pengorbit itu. Laju pesawat sepenuhnya dikendalikan oleh para astronot yang jadi awak pesawat.

Kelima, misi atau tugas-tugas di ruang angkasa dimulai. Misalnya meluncurkan satelit, memperbaiki stasiun ruang angkasa yang rusak, atau menjalankan berbagai misi penelitian lain.

Biasanya para astronot bekerja di ruang angkasa sekitar seminggu. Tetapi untuk penelitian-penelitian tertentu yang memerlukan waktu lama, para astronot mampu bertahan hidup di stasiun ruang angkasa berbulan-bulan. Sebuah rekor dunia telah dipecahkan Valeri Poliakov, seorang astronot Rusia yang pernah menginap di stasiun ruang angkasa Mir selama 14 bulan!

Sumber: Tabloid Yunior – Suplemen Koran Suara Merdeka edisi Minggu

Iklan

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Bagaimana Pesawat Ulang-Alik Meluncur Ke Ruang Angkasa?

  1. Ping balik: Proxima B, Rumah Selanjutnya | Catatan Mahasiswa Biasa di Kampus Biasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s