Clurut Shrew, Tikus Paling Cilik Paling Ganas

Shrew, sejenis mamalia dari keluarga tikus clurut, tercatat sebagai hewan menyusui yang paling kecil di dunia. Panjang tubuhnya (tidak termasuk ekor) kurang dari 5 cm. Dan beratnya pun tidaklah seberapa. Tetapi di luar dugaan, Shrew ini jauh berbeda dengan jenis tikus clurut seperti yang selama ini kita kenal.

Gerakannya sangat lincah dan gesit, bahkan sangat agresif dan pemarah bukan main, sehingga hewan besar dan ganas seperti singa pun tak jarang terpaksa lari pontang-panting menghindar jika harus berurusan dengan sang Shrew clurut tengik ini. Pasalnya, gigitannya sangat mematikan seperti gigitan ular kobra.

Ia juga tukang berkelahi, dan sanggup bertarung satu lawan satu dengan hewan lain yang ukuran tubuhnya tiga kali lebih besar dari tubuhnya sendiri.

Jatah makannya setiap hari dua kali berat tubuhnya sendiri. Kalau sedang sial tak memperoleh makanan, padahal kelaparan yang tak ketulungan, Shrew sering ngawur dengan membunuh sesama Shrew untuk disantapnya mentah-mentah.

Taringnya yang sangat tajam mengandung racun pembunuh yang sangat ampuh, yang mampu untuk membunuh seekor tikus besar dalam tempo 3 menit saja!

Meskipun shrew cuma sebangsa tikus, tetapi makanan utamanya adalah daging tikus jenis lain. Jadi boleh dibilang shrew adalah tikus kanibal pembunuh tikus. Dan menurut penyelidikan ilmiah, tandon racun yang terdapat di dalam mulut shrew di sepanjang hidupnya cukup untuk membunuh sampai 200 ekor tikus besar lainnya.

Naa, bagi anda yang penasaran ingin melihat penampakan Shrew bisa mengintipnya lewat lubang ini. Silakan!

Sumber: Majalah MOP, dari Incredible but True! Penulis: Bandrio Hade

Iklan

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s