Meski Tak Banyak Orang Tahu, Tapi Inilah Faktanya !!

Astronot Tak Bisa Nangis

Astronot adalah orang-orang pilihan yang superpintar dan pemberani. Di dunia ini masih sedikit sekali orang yang berhasil menjadi astronot. Tapi sehebat apapun seorang astronot, dia tetap manusia biasa. Dia bisa bersedih dan gemberi. Bisa menangis dan tertawa.

Tapi ketika berada di ruang angkasa, astronot tidak bisa mengalirkan air mata. Sesedih apapun perasaannya, air matanya tak dapat mengalir keluar. Ini karena di ruang angkasa tak ada gaya gravitasi. Dengan kata lain, astronot tak bisa menangis di ruang angkasa.

Makanan Kaleng Pertama

Banyak cara untuk mengawetkan makanan. Bisa dengan pengasinan, pengasapan, pendinginan dan pengalengan. Cara yang paling modern adalah dengan pengalengan.

Makanan mentah atau yang sudah masak dimasukkan ke dalam kaleng, kemudian ditutup rapat hingga hampa udara. Orang yang kali pertama memperkenalkan pengawetan makanan seperti itu adalah seorang warga Prancis bernama Francois Appert, pada tahun 1795.

Setelah itu sistem pengalengan makanan diproduksi secara massal oleh pabrik-pabrik industri modern. Dalam perkembangannya, minuman juga dikalengkan biar tahan lama.

Awal Rumah Sakit

Masalah merawat warga masyarakat yang sedang sakit sudah ada sejak zaman dahulu kala. Tapi ide untuk mendirikan rumah sakit termasuk peradaban baru dalam sejarah manusia.

Awalnya, bangsa Romawi kuno mendirikan rumah yang dipakai untuk prajurit yang sakit dan terluka dalam peperangan. Kemudian rumah-rumah seperti itu dibangun di banyak tempat. Terutama melayani warga masyarakat yang agak parah, sehingga perlu menjalani perawatan inap. Inilah cikal bakal keberadaan rumah sakit di tengah masyarakat modern sekarang ini.

Kolektor Sidik Jari

Sidik jari sangat diperlukan dalam penyelidikan kasus-kasus kejahatan. Karena itu sidik jari banyak tersimpan dalam arsip-arsip di kantor polisi.

Siapa kolektor sidik jari terbanyak di dunia? Jawabnya adalah FBI (Federal Bureau of Investigation) atau Biro Penyelidikan Federal yang bermarkas di Washington DC, Amerika Serikat. Biro ini semacam agen rahasia yang menugaskan para detektif untuk menyelidiki para pelaku kejahatan.

Lidah Burung Beo

Orang menganggap burung beo sangat cerdas, karena dapat menirukan suara manusia. Anggapan ini bisa jadi benar. Tapi kenyataan yang sebenarnya, burung beo dapat menirukan suara manusia karena lidahnya hampir sama dengan lidah manusia.

Burung lain yang punya kemampuan hampir sama burung beo adalah kakatua. Tapi suara burung beo maupun kakatua tidak bisa benar-benar sama suara manusia. Ini karena burung beo hanya sekedar menirukan, tanpa tahu artinya. Dan perbendaharaan katanya terbatas kata-kata yang sering didengarnya dari suara manusia.

Burung Terbang Mundur

Masing-masing hewan punya keistimewaan. Tapi keistimewaan yang dimiliki burung kolibri sangatlah mengagumkan. Burung bertubuh kecil itu bisa membalikkan sayapnya dan terbang mundur.

Burung ini juga bisa terbang di tempat sambil mengisap sari bunga. Ketika terbang di tempat, sepasang sayapnya bergerak supercepat nyaris tak terlihat.

Agaknya, burung kolibri pula yang mengilhami penemuan helikopter. Sebab helikopter adalah satu-satunya jenis pesawat yang bisa terbang di tempat.

Suhu Tubuh Hewan

Hewan berdarah panas, suhu tubuhnya tidak berubah meskipun berpindah-pindah tempat dengan suhu udara berbeda. Mereka adalah berbagai jenis hewan menyusui dan burung.

Tapi ada hewan yang suhu tubuhnya berubah mengikuti suhu udara di sekelilingnya. Mereka adalah serangga, ular, kadal, katak, penyu dan ikan. Suhu tubuh mereka cenderung sedikit lebih rendah daripada suhu lingkungannya. Karena itu mereka disebut hewan berdarah dingin.

Laba-laba Bukan Serangga

Banyak orang menganggap laba-laba adalah termasuk serangga. Meski ukuran tubuhnya kecil, dalam klasifikasi ilmiah ternyata laba-laba bukan termasuk serangga. Laba-laba justru pemangsa serangga.

Sedangkan laba-laba sendiri termasuk kelas hewan lain yang disebut Arachnida. Dalam kelas ini ada tiga ordo, yaitu Scorpionida (kalajengking), Araenida (laba-laba) dan Acarina (caplak/tengau).

Dari sekitar 4.000 jenis laba-laba yang tersebar di penjuru bumi ini, sebagian besar adalah beracun. Bahkan, beberapa spesies laba-laba racunnya bisa membunuh manusia dalam beberapa menit saja, jika tidak segera mendapat pertolongan dokter.

Jumlah Batu Piramida

Anda tahu berapa jumlah batu untuk membangun sebuah piramida? Piramida Cheops adalah salah satu piramida yang terkenal di Mesir. Konon, untuk pembuatan piramida itu dipakai 2 juta buah. Masing-masing batu beratnya 2,5 ton. Nah, dengan mengalikan angka tersebut kita akan tahu berapa ton berat piramida itu keseluruhannya?

Beruang Puasa 3 Bulan

Induk beruang es penghuni kutub utara, setelah melahirkan, selalu berada di samping anaknya. Ia tak pernah pergi ke mana-mana, juga tidak pergi untuk mencari makan. Lalu, apakah si induk beruang es puasa?

Ya! Selama 3 bulan mereka berpuasa, mengandalkan persediaan makanan di tubuh mereka. Persediaan makanan itu selain untuk diri sendiri, masih pula harus dibagi pada anaknya yang ia susui.

Baru setelah anaknya bisa berjalan, induk beruang es berburu makanan lagi. Tentu saja anaknya diajak serta.

Sumber: Majalah Bobo

Iklan

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s