‘Kejanggalan Sengaja’ di Pecahan Uang Rp. 100 Ribu

Pernahkah anda iseng-iseng (atau dengan serius) memperhatikan teks Proklamasi Kemerdekaan RI yang tertera pada lembar uang pecahan Rp. 100 ribu? Adakah yang janggal??!

Bagi anda yang matanya agak terganggu memang rada susah akibat tulisannya yang begitu keciiiiiii…l itu. Anda butuh alat yang namanya KACA PEMBESAR atau di sekolah kita kenal sebagai LUP. Sekarang coba anda lihat pada bagian tahun terbitan proklamasi. Nah, di sini inilah kita temukan ‘kejanggalannya’!

Dari pelajaran sejarah SD sampai kita lulus jadi sarjana, tanggal Proklamasi itu ya 17 Agustus 1945, tapi ini kok ditulis: Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05 (Perhatikan beda 45 sama 05 !)

Apakah ini kecerobohan pemerintah yang hendak ‘memanipulasi’ sejarah??! Lagian, kenapa kalau sudah diketahui keliru uang tersebut masih banyak beredar?? Weleh! Jangan panas dulu… Ini dia penjelasannya yang saya kutip dari Okezone.com:

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) membantah akan menarik uang kertas pecahan Rp100 ribu bergambar Soekarno Hatta yang diisukan mengalami salah cetak pada bagian naskah proklamasi, khususnya pada pencantuman “tahun ’05”. Hal tersebut diungkapkan Kepala Biro (Kabiro) Humas BI Difi A Johansyah, dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (6/10/2010).

BI pun menegaskan, hal-hal sebagai berikut pencantuman teks proklamasi pada Uang kertas Rp100 ribu sudah sesuai dengan Naskah Asli-nya, yaitu tertulis “Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen ‘05”.

“Tahun ’05 mengacu pada fakta sejarah, di mana Jepang masih berkuasa pada saat itu, sehingga penanggalan yang dipergunakan adalah penanggalan Jepang, yaitu tahun 2605 yang disingkat ’05,” katanya.

Desain uang Rp100 ribu yang diterbitkan BI pada 2004 sudah melalui koordinasi dengan berbagai pihak terkait termasuk pihak yang berkompeten dan mengetahui sejarah penulisan teks proklamasi dimaksud.

Dengan demikian, uang kertas pecahan Rp100 ribu bergambar Soekarno-Hatta tidak mengalami kesalahan cetak dan tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

“Kepada seluruh masyarakat kami mengimbau untuk tidak terpengaruh oleh isu ataupun informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,” pungkasnya. (ade)

Nah, sekarang sudah jelas kan permasalahannya? Semoga bermanfaat.

Iklan

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke ‘Kejanggalan Sengaja’ di Pecahan Uang Rp. 100 Ribu

  1. anonymous berkata:

    saya rasa pasti nilai pkn anda lumayan jelek… Yang dimaksud tahun 05 itu adalah penanggalan china,coba anda lihat di naskah teks proklamasi 1945… Kenapa penanggalan jepang? Ya karena dibuatnya aja dirumah laksamana muda maeda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s