Apakah Autopsi Itu?

Sering kita baca di surat kabar tentang autopsi yang dilakukan terhadap seseorang yang meninggal karena penyakit, karena sebab yang tidak diketahui, serta akibat pembunuhan.

Autopsi adalah pemeriksaan tubuh setelah mati. Maksudnya untuk menentukan sebab musabab kematian. Dilakukan dengan memeriksa organ-organ tubuh dan mempelajari jaringan-jaringan halus tubuh secara mikroskopis dam secara kimiawi.

Untuk bisa dilakukan autopsi, dibutuhkan surat persetujuan dari keluarga terdekat. Mirip dengan operasi pembedahan dan prakteknya pun dilakukan dokter ahli bedah. Autopsi dilakukan begitu rupa sehingga tidak banyak kerusakan pada tubuh.

Apa sebab dilakukan autopsi? Terkadang dokter tidak tahu pasti apa sebab kematian seseorang. Autopsi dapat menjelaskan masalah ini dan barangkali dalam penyakit semacam itu nyawa si pasien kelak dapat diselamatkan.

Autopsi bisa mengungkapkan rahasia suatu penyakit sehingga bisa dilakukan tindakan pengamanan bagi keluarganya. Kadang-kadang autopsi dilakukan untuk mengenali seseorang korban jika tidak bisa dikenali lewat cara lain. Autopsi pun bisa membantu mengetahui saat kapan kematian si korban yang penting artinya bila orang itu mati karena sebab yang tidak diketahui atau karena tindak kekerasan.

Autopsi yang dilakukan ratusan tahun lalu mengawali pengetahuan manusia tentang anatomi tubuh manusia.

Sumber: Majalah Ananda

Iklan

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s