Download Software Tajwid

Tajwid adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara membaca al-Qur’an dengan baik dan benar. Ilmu Tajwid bertujuan untuk memberikan tuntunan bagaimana cara pengucapan ayat yang tepat, sehingga lafal dan maknanya terpelihara sebab kesalahan dalam membaca al-Qur’an itu akan sangat mempengaruhi makna dan pengertiannya.

Membaca al-Qur’an termasuk ibadah, namun bukan berarti membaca al-Qur’an asal-asalan tapi harus sesuai ketentuan. Ini sesuai dengan perintah Allah dalam al-Qur’an surat al-Muzzammil ayat 4: “… Bacalah al-Qur’an itu dengan Tartil”. Menurut ahli tafsir Ibnu Katsier, Tartil adalah membaca dengan perlahan-lahan dan hati-hati karena hal itu akan membantu pemahaman serta perenungan terhadap al-Qur’an.

Selain itu, Tajwid tidak dapat diperoleh hanya sekedar dipelajari namun juga harus melalui latihan, praktek dan menirukan orang yang baik bacaannya.

Di era digital seperti sekarang ini, telah banyak tersedia software/aplikasi gratis (freeware) yang dikhususkan untuk lebih mempermudah belajar tajwid.

Untuk download/unduh Software/Aplikasi Belajar Tajwid, silahkan KLIK DISINI.

Salah satu keunggulannya, Software/Aplikasi Tajwid ini berformat Flash sehingga terlihat lebih atraktif yang dilengkapi suara (audio) sehingga akan mempermudah khususnya dalam pelafalan (makharijul huruf).

Jika Anda benar-benar baru belajar Tajwid dan/atau al-Qur’an, saya sarankan agar belajar langsung pada ahlinya dan jadikanlah Software/Aplikasi Tajwid ini sebagai pelengkap saja.

Sumber: http://www.ramdhan.co.cc/2010/04/software-tajwid.html

Iklan

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s