Jalin Merapi: Data dan Informasi Bencana Merapi

Ingin mendapatkan data dan informasi mengenai perkembangan Gunung Merapi dan alokasi bantuan untuk korban bencana? Situs Jalin Merapi bisa memberikannya.

Situs yang beralamat di merapi.combine.or.id ini cukup terkenal setelah bencana meletusnya gunung merapi meletus di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta pada 26 Oktober 2010 lalu. Situs ini semakin sering dikunjungi orang, terutama mereka yang ingin mengetahui mengenai kondisi sanak keluarga di wilayah sekitar bencana, atau lokasi pengungsian, serta distribusi dan alokasi bantuan untuk korban bencana merapi.

Selain menghadirkan berita mengenai kondisi Merapi dan masyarakat sekitarnya, Jaringan Informasi Lingkar Merapi (Jalin Merapi) juga memungkinkan para pengguna internet, khususnya relawan, untuk saling bertukar informasi, tidak hanya situs dan blog, tapi juga melalui SMS, Facebook maupun Twitter. Bahkan mereka menghadirkan streaming pemantauan Merapi yang berasal dari radio komunikasi di Pos Pemantauan Balerante melalui frekuensi 149.070.

Seluruh informasi yang terdapat di situs ini dikelola oleh jaringan kerja relawan yang bekerja setiap hari selama 24 jam. Jadi dapat dipastikan informasi tersebut cukup akurat karena di-update secara realtime.

“Jalin Merapi berupaya menyajikan data dan informasi perkembangan Gunung Merapi dan dinamika masyarakatnya. Informasi Jalin Merapi berasal langsung dari lapangan dan digali langsung dari dan oleh masyarakat setempat bersama jaringan relawan. Jaringan ini telah terbangun sejak tahun 2006 dan dikembangkan untuk tanggap darurat Merapi di tahun 2010 ini,” demikian keterangan tertulis dari pihak Jalin Merapi yang dikutip okezone melalui situs tersebut, Sabtu (6/11/2010).

Informasi mengenai kebutuhan bantuan yang diperlukan oleh korban bencana pun cukup update. Pasalnya para relawan yang masuk dalam jaringan Jalin Merapi selalu memberikan informasi mengenai kebutuhan lokasi pengungsian yang dirasa masih kurang. Dengan penyebaran informasi ini, diharapkan, bantuan terhadap korban bencana tidak menumpuk di satu lokasi, tapi merata di seluruh wilayah bencana Merapi terjadi.

Selain mengkoordinir informasi, Jalin Merapi juga membentuk posko-posko bantuan. Posko informasi JALIN MERAPI saat ini telah dibangun di lima titik lokasi, yakni di Yogyakarta, Pakem, Srumbung, Dukun, Selo, dan Kemalang.

Jalin Merapi didukung oleh Jaringan Radio Komunitas Yogyakarta, Jaringan Radio Komunitas Jawa Tengah, COMBINE Resource Institution, IDEA, Gender Working Group, Forum Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta, dan beragam lembaga serta ratusan relawan yang tersebar di empat wilayah kabupaten di lingkar Merapi.

Sumber: Okezone.com

Iklan

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s