Lidah Colibri, Apakah Ini Dirancang?

SUATU hari para peneliti menganalisis setetes darah, DNA, dan cairan lain pada permukaan kaca seukuran telapak tangan. Ketika peneliti mencoba memindahkan cairan dalam jumlah yang sangat sedikit, mereka menggunakan pengisap atau pipet, tetapi ternyata metode ini cenderung tidak efisien. Adakah cara yang lebih baik untuk memindahkan setetes cairan? Menurut Dr Jhon Bush dari Massachusetts Institute of Technology. ”alam sudah memecahkan masalah ini.”

Sistem sedotan otomatis ini, yang terjadi pada burung Colibri. Burung ini tidak membuang energi dengan mengisap nectar bunga ke mulutnya. Tetapi, ia memanfaatkan daya kohesi yang menyebabkan air di permukaan yang rata membentuk tetesan dan melawan gravitasi. Ketika lidah Colibri menyentuh nectar, permukaan nectar memaksa lidahnya menggulung hingga menyerupai sedotan kecil, dan nectar pun terisap.

Intinya, Colibri tidak perlu mengerahkan upaya karena nectar mengalir dengan sendirinya melalui ‘sedotan’ itu ke mulutnya. Sewaktu makan, Colibri dapat mengisi kembali lidahnya dengan nectar hingga 20 kali per detik.

Menurut pengamatan para peneliti itu, seperti dilansir majalah Awake terbitan terbaru Oktober 2010, sistem sedotan otomatis ini juga dimiliki beberapa burung pantai, yang minum dengan cara yang sama.

Ketika diminta mengomentari kemampuan burung-burung itu, Profesor Mark Denny dari Stanford University di California AS, mengatakan, ”Kombinasi teknik, fisika, dan matematika terapan tersebut sangat menakjubkan. Jika Anda memilih insinyur atau ahli matematika terapan, siapapun itu, dan meminta mereka merancang cara agar seekor burung dapat memindahkan air dari paruh ke mulutnya, cara ini tidak bakal terpikir oleh mereka.”

Apakah semua lidah Colibri yang mungil ini dirancang? Apakah kemampuannya untuk mengambil nectar secara cepat dan efisien, muncul secara kebetulan? Tentu saja tidak. Semua pasti karena rancangan yang menakjubkan dari Sang Pencipta kita.

Sumber: Suaramerdeka.com

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s