Rahasia Manuver Super Cepat Lalat

Otak lalat ternyata memiliki sistem yang cepat untuk mengantisipasi bahaya yang datang, termasuk bahaya tepukan yang berujung kematian sang lalat.

Menghindari tepukan bagi lalat bukanlah hal yang sulit. Saat dirinya merasa terancam maka saat itu pula otak sang lalat merespon dengan melakukan manuver yang super cepat.

Bahkan manuver tersebut dilakukan sang lalat dengan melakukan gerakan ke arah yang berlawanan. Hal ini dipercaya sebagai langkah yang sangat penting untuk menghindari ancaman dari tepukan manusia.

“Gerakan-gerakan ini dilakukan dengan sangat cepat dan akurat. Sebelumnya, sang lalat harus merespon sinyal bahaya yang dirasakannya hanya dalam waktu 200 milisecond, termasuk membentuk posisi ancang-ancang dengan mempersiapkan kaki dan sayapnya, untuk melakukan manuver penyelamatan,” ujar ilmuwan dari Institut Teknologi California Michael Dickinson, seperti dikutip melalui Reuters, Sabtu (30/8/2008).

Menurut Dickinson, manuver ini menunjukkan betapa otak seekor lalat mampu memproses informasi yang berasal dari sensor menjadi sebuah respon gerakan yang cukup hebat.

Tim peneliti asuhan Dickinson ini telah cukup lama mempelajari gerak seekor serangga hanya dengan menggunakan sebuah kamera perekam video dan sebuah alat tepuk lalat.

“Temuan ini memberikan solusi juga kepada kita untuk tidak menepuk lalat saat ia sedang melakukan manuver untuk terbang,” ujar Dickinson yang saat ini tercatat sebagai ilmuwan biologi yang mendedikasikan hidupnya selama bertahun-tahun untuk meneliti kehidupan lalat. Bahkan Dickinson telah berhasil membuat sebuah robot kecil yang memiliki kemampuan terbang bernama Robofly, dan sebuah simulator terbang visual tiga dimensi yang diberi nama Fly-O-Vision.

Sumber: Okezone.com

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s