Mengapa Gajah Tak Bisa Menari?

Pernah membayangkan mengapa gajah tak bisa berdansa? Apakah hal ini disebabkan karena gajah tak mengetahui ritme? Berikut penjelasannya.

Tahun ini, Royal Institution Christmas Lectures mengungkap mengapa ukuran sangat berpengaruh. Ilmuwan material Dr Mark Miodownik menjelaskan, “Hal ini berhubungan dengan area permukaan dan rasio volume. Semakin besar akan semakin berat. Jika besar berlipat ganda, maka gravitasi berdampak besar.” Hal itulah mengapa binatang bertubuh besar sulit bergerak.

Miodownik mendemonstrasikan teorinya dengan relawan pada skala ekstrim. Sirkus kutu bisa melakukan aksi akrobatik dengan tingkat mengesankan. “Menariknya, Anda mengira binatang-binatang kecil itu merupakan versi miniatur kita, namun fisik yang mendominasi mereka menunjukkan mereka benar-benar berbeda,” katanya.

Keseluruhan konsep alam semesta adalah sama dan tunduk pada hukum yang sama, namun cara kerjanya tak seperti itu. Film baru Jack Black ‘Gulliver’s Travels’ benar-benar mengabaikan teori ini. “Di dunia aneh tempat kita hidup, hal tersebut membuatnya menarik,” tambahnya.

Royal Institution Christmas Lectures telah berjalan sejak 1825. Miodownik mengatakan, “Menggunakan hewan percobaan Hamster Hamish dan Anjing Sweep, mereka dapat menjadi contoh bagus betapa sains kreatif dan lucu.”

(Inilah.com)

Iklan

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s