Kenapa Saat Olahraga Napas Menjadi Terengah-engah?

Ketika berolahraga kadang orang merasa lemas dan napas terengah-engah. Ternyata ada beberapa penyebab yang membuat kondisi seperti itu muncul. Apa saja?

Gejala seperti tubuh lemas dan napas yang terengah-engah selama atau setelah berolahraga merupakan cara tubuh memberitahu bahwa orang tersebut harus memperlambat dan santai olahraganya.

Namun terkadang sebagai tanda ada sesuatu yang salah dalam tubuh dan harus diperiksa lebih lanjut. Seperti dikutip dari Livestrong, Jumat (26/11/2010) sejumlah faktor bisa berkontribusi terhadap munculnya gejala tersebut.

Salah satu penyebabnya adalah akibat dehidrasi yang membuat ketidakseimbangan elektrolit di dalam sistem tubuh, sehingga timbul pusing dan tubuh merasa lemas atau lemah. Kondisi ini bisa akibat terlalu banyak atau terlalu sedikit mineral tertentu.

Penyebab lainnya adalah tubuh tidak mendapatkan asupan makanan yang cukup sebelum melakukan olahraga, sehingga tubuh menghabiskan cadangan energi dari glikogen.

Sementara sesak napas yang terjadi kemungkinan karena saluran udara mengalami masalah sehingga mengurangi jumlah oksigen di dalam tubuh. Jika memiliki kelebihan berat badan, ada kemungkinan lemak di perut membatasi kerja dari paru-paru sehingga sulit bernapas.

Melakukan olahraga secara berlebihan di awal juga bisa membuat napas terengah-engah. Tubuh membutuhkan peningkatan durasi dan juga latihan untuk mempertahankan otot dalam membakar lemak serta meningkatkan stamina.

Terlalu berlebihan berolahraga bisa menyebabkan stres pada paru-paru dan kerja jantung meningkat untuk menjaga aliran darah tetap cukup. Kondisi ini akan membuat seseorang merasa sesak napas.

Untuk mencegah atau mengurangi kondisi tersebut, pastikan mengonsumsi air yang cukup sebelum selama dan setelah latihan. Hal ini penting untuk mencegah dehidrasi dan mengganti cairan di dalam tubuh yang keluar melalui keringat. Serta mulailah olahraga secara perlahan dan tidak terlalu berlebihan, sehingga memberi waktu bagi paru-paru dan jantung untuk tetap bekerja optimal.

Jika napas yang dirasakan semakin sesak serta kelemahan yang cukup parah sehingga membuat tubuh menjadi pusing atau merasa seperti ingin pingsan, maka sebaiknya segera hentikan latihan dan beristirahat.

(Detikhealth.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Kenapa Saat Olahraga Napas Menjadi Terengah-engah?

  1. Agung Rangga berkata:

    Wah, baru tahu saya penyebabnya…

    silakan berkunjung…
    http://popnote.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s