Kenapa Orang Tuli Punya Indera Lain yang Tajam?

Setiap orang memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, begitu pula dengan orang yang mengalami gangguan pendengaran alias tuli. Orang tuli biasanya akan memiliki kemampuan indera lain yang lebih tajam ketimbang orang dengan pendengaran normal. Mengapa bisa demikian?

Orang yang mengalami gangguan pendengaran kebanyakan akan memiliki kemampuan pada indera lain yang lebih tajam, biasanya pada indera penglihatan. Namun, selama ini belum ada penjelasan bagaimana hal tersebut terjadi.

Tapi sebuah studi terbaru yang dilakukan peneliti Kanada, dapat menunjukkan bagaimana orang yang terlahir dengan gangguan pendengaran memiliki kemampuan lebih pada indera penglihatan.

“Otak sangat efisien dan tidak akan membiarkan ruang yang tidak terpakai sia-sia begitu saja,” tutur Dr Stephen Lomber, pemimpin penelitian dari University of Western Ontario, Kanada, seperti dilansir dari BBC News, Senin (11/10/2010).

Dr Lomber menjelaskan, dari studi yang dilakukannya menunjukkan bahwa orang tuli dengan gangguan di daerah otak yang biasanya berhubungan dengan pendengaran perifer (tepi) akan mengalami peningkatan di daerah otak lain, yaitu peripheral vision (penglihatan tepi).

Hal inilah yang membuat orang tuli memiliki indera penglihatan yang lebih tajam ketimbang orang dengan pendengaran normal.

“Jika auditory cortex atau bagian otak yang memproses informasi suara tidak aktif, maka otak akan meningkatkan kemampuan peripheral vision, yaitu berhubungan dengan indera penglihatan,” jelas Dr Lomber.

Dr Lomber juga menambahkan, otak akan berkompensasi atau mengimbangi kehilangan dengan perangkat tambahan lain yang bermanfaat.

“Sebagai contoh, jika Anda tuli, Anda akan memiliki kemampuan lain dengan melihat mobil yang datang dari jauh dalam penglihatan perifer Anda. Anda tidak bisa mendengar, tetapi Anda bisa dengan akurat mendeteksi seberapa cepat suatu benda bergerak dengan mata,” jelas Dr Lomber lebih lanjut.

Hasil temuan ini telah diterbitkan dalam jurnal Nature Neuroscience.

(detikHealth.com)

Iklan

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Kenapa Orang Tuli Punya Indera Lain yang Tajam?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s