Bagaimana Air Dapat Merusak Ponsel? Inilah Penyebabnya

Tentu kita sudah mengetahui kalau perangkat elektronik, khususnya ponsel yang dibawa kemanapun kita pergi akan rusak kalau kena air. Tapi sebenarnya apa yang terjadi ketika air mengenai gadget? inilah jawabannya.

Air yang mengenai papan sirkuit menimbulkan karat yang kemudian bersenyawa dan mematikan bahan logam. Kondisi ini sama seperti mobil berkarat yang menunggu ‘mati’. Papan sirkuit pada sebuah perangkat memegang peranan penting karena fungsinya yang mendukung kinerja gadget secara mekanik dan secara elektrik menghubungkan komponen elektronik melalui semacam jalur konduktif.

Begitu terkena air, tak perlu menunggu waktu lama, papan sirkuit akan langsung mengalami berbagai masalah seperti performa menurun, logam rusak dan karat yang menyebar hingga ke sambungan solder. Karat juga menyebabkan lubang dan retakan di daerah di mana listrik mengalir bebas. Tumpahnya air membasahi ponsel pun membentuk cluster dan serat logam yang menyebabkan korsleting.

Jenis cairan juga menentukan seberapa cepat karat menyebar. Air bening dan alkohol ‘agak bersahabat’ jika dibandingkan cairan jenis lain. Sementara air asin dan air yang mengandung chlorine merupakan dua jenis cairan yang paling jahat dan bisa mematikan perangkat Anda seketika. Kedua jenis air ini mengandung elemen yang bisa menyebarkan karat sangat cepat.

Saat mengering air asin dan chlorine juga akan meninggalkan mineral yang bersarang di papan sirkuit dan mematikannya. Oleh karena itu, lebih baik berhati-hati membawa ponsel/gadget anda agar jangan sampai terkena air. Bagi yang ceroboh mungkin cocok untuk membeli ponsel anti air sekaligus debu yang sudah banyak dijual.

(detikInet.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Bagaimana Air Dapat Merusak Ponsel? Inilah Penyebabnya

  1. Ping balik: bagaimana keadaan sinyal 3 di diaerah kalian? | Indonesia Search Engine

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s