Mengapa Sengatan Lebah Menyakitkan?

Sakit akibat gigitan nyamuk tak seberapa, begitu pula gigitan laba-laba. Namun gigitan lebah sangat menyakitkan! Mengapa?

Menurut WebMD, Sekitar dua juta orang Amerika Serikat (AS) alergi pada sengatan racun serangga. Bahkan mereka yang tak memiliki alergi pada sengatan ini bisa menjadi takut karena sakit yang ditimbulkan ‘hewan kecil mendengung’ itu.

Setelah ‘ledakan tajam sakit’ saat insiden, bagian tubuh akan memerah, bengkak dan sakit. Ungkapan tersebutlah yang bisa menggambarkan sengatan lebah.

Sakit yang diakibatkan sengatan lebah terdiri dari ‘dua lapis’. Pertama, ketika lebah mengeluarkan zat kimia yang disebut melitin ke dalam korbannya. Racun ini langsung memicu reseptor sakit dan menimbulkan sensasi terbakar.

Kedua, karena sengatan lebah seperti tusukan pedang, ketika masuk ke dalam kulit ‘duri’ lebah tetap tertinggal di dalam kulit. Makin lama sengatan berada dalam kulit, makin banyak racun keluar dan terus menyerang selama beberapa menit.

Selama Anda tak alergi pada racun lebah, sistem kekebalan akan bereaksi dengan mengirim cairan untuk mengeluarkan melitin dalam tubuh, kulit pun memerah dan bengkak.

Rasa sakit akibat sengatan lebah bisa bertahan selama beberapa hari, namun bisa diredakan dengan kompres dingin atau sebuah antihistamin.

(Inilah.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s