Suara Apa Paling Mengganggu di Dunia?

Suara kuku menggaruk papan tulis dan obrolan ponsel bersuara kencang sudah cukup menganggu. Namun, tahukah Anda suara apa paling mengganggu di dunia?

Menurut ilmuwan, suara rengekan anak kecil resmi menjadi suara paling menjengkelkan bagi orang dewasa di dunia. Sebuah studi menemukan, rengekan menjadi cara terefektif mengalihkan perhatian orang dewasa saat meminta sang anak mengerjakan PR.

Para partisipan diminta melakukan perhitungan sederhana sembari mendengarkan suara-suara menganggu, termasuk suara mesin, tangisan bayi dan pembicaraan netral. Ternyata partisipan yang mendengar rengekan anak kecil lebih banyak membuat kesalahan dan menyelesaikan sedikit permasalahan.

“Karena rengekan anak kecil, Anda hanya bisa melakukan sedikit hal dan melakukannya dengan cara buruk,” ujar professor psikologi SUNY New Paltz sekaligus penulis studi Rosemarie Sokol Chang.

Untuk memastikan hal ini, rengekan anak kecil dari bahasa lain pun dipakai. Hasilnya, rengekan tetap menempati posisi pertama suara paling menganggu.

Kemudian, diikuti tangisan bayi dan obrolan bayi pada orang dewasa. Hasil studi ini diterbitkan di Journal of Social, Evolutionary, and Cultural Psychology.

(inilah.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s