Ini Akibatnya Bila Suhu Tubuh Terlalu Panas

Suhu normal tubuh manusia berkisar 36,5 sampai 37 derajat celcius. Namun dalam kondisi tertentu suhu tubuh manusia bisa meningkat yang tidak seperti biasanya. Apa yang terjadi bila suhu tubuh terlalu tinggi?

Namun tubuh bisa mengalami heat exhaustion yang mana suhu tubuh bisa meningkat mencapai 40 derajat celsius (104 derajat fahrenheit).

Saat berolahraga di luar ruangan yang panas, suhu tubuh dapat meningkat. Bila tidak ditunjang dengan cukup minum dan istirahat maka tubuh bisa mengalami overheating atau heat exhaustion yang bisa berakibat fatal.

Tubuh biasanya bisa secara efisien menurunkan suhu dirinya sendiri dengan cara mengeluarkan keringat. Namun ketika Anda kepanasan dan tidak segera menggantikan cairan yang hilang melalui keringat, maka sistem pendingin tubuh menjadi kewalahan dan suhu tubuh dapat naik melebihi tingkat aman, menurut University of Maryland Medical Center.

Tubuh yang terlalu panas akan mengalami gejala seperti dilansir Livestrong, Selasa (28/2/2011), yaitu:
– Berkeringat berat
– Kram otot
– Sakit kepala
– Detak jantung cepat
– Pingsan
– Kram perut.

American Academy of Orthopaedic Surgeons menjelaskan tubuh yang terlalu panas biasanya disebabkan oleh kegiatan atau situasi pelepasan panas dan keringat. Kelembaban lebih dari 60 persen membuat sulit bagi keringat untuk menguap dan mendinginkan tubuh. Helm dan peralatan olahraga lainnya dapat menjadi penghambat kemampuan tubuh untuk mendinginkan.

Anak juga lebih rentan mengalami heat exhaustion ketimbang orang dewasa karena mekanisme pendinginan yang belum bekerja secara sempurna.

Selain itu, dehidrasi, alkohol, penyakit atau penurunan berat badan yang cepat juga dapat menyebabkan suhu tubuh menjadi terlalu panas. Untuk mencegah terjadinya peningkatan suhu tubuh yang terlalu ekstrem saat berolahraga, lakukan olahraga secara rutin dan tidak berlebihan, cukup terhidrasi dengan minum 1 gelas setiap 20 menit, serta hindari alkohol dan minuman berenergi saat berolahraga.

(detikhealth.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s