Mitos-mitos Seputar Madu

Madu asli tidak disukai semut Benarkah demikian?

Tenyata madu asli tetap disukai semut, karena salah satu kandungan madu adalah glukosa (zat gula). Bila ada madu yang tidak disukai semut bisa jadi disebabkan madu tersebut mengandung gas sehingga semut tidak mau mendekat. Disukai semut atau tidak bukan acuan yang bisa dipakai untuk menentukan keaslian madu.

Madu asli tidak beku di dalam kulkas

Madu asli yang memiliki kadar air sangat rendah memang tidak beku bila disimpan di dalam kulkas. Namun madu asli yang kadar airnya 18-22 % tetap akan mengalami pembekuan. Karena itu anggapan ini pun tidak bisa dijadikan patokan untuk menilai suatu madu asli atau tidak. Banyak pakar madu menyatakan, kulkas atau lemari es bukanlah tempat yang cocok untuk menyimpan madu. Karena madu yang disimpan dalam suhu rendah bisa merusak kandungan yang ada sehingga bisa mengurangi khasiat madu.

Madu asli bisa mematangkan kuning telur

Beberapa madu asli memang bisa mematangkan kuning telur, namun madu palsu pun bisa pula melakukannya. Si Penjual madu palsu ini memasukkan kapur yang bersifat panas ke dalam madu yang dijualnya sehingga mampu membuat kuning telur setengah matang. Kita mesti hati-hati karena pencampuran kapur ke dalam madu bisa merusak organ pencernaan.

(proherbal.net)

Iklan

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s