Ternyata Kera Jantan Doyan Pedicure

Pedicure bukanlah suatu hal yang ingin diperlihatkan kebanyakan pria di seluruh dunia. Anehnya, kera jantan ini malah bangga melakukannya. Seperti apa?

Saat ilmuwan merekam kera mandrill ini, kera ini tak berulah. Hal ini menandakan, hewan ini lebih pandai dari perkiraan sebelumnya. Sebuah video yang direkam peneliti Inggris menunjukkan, mandrill jantan besar meruncingkan ranting untuk menipiskannya. Kemudian, kera ini menggunakannya untuk membersihkan kotoran di bawah kukunya.

Sebelumnya, simpanse diketahui mampu membuat tongkat pancingnya. Namun, pedicure merupakan salah satu perilaku kompleks yang pernah dilihat pada mandrill. Kepala riset Dr Ricardo Pansini dari Durham University mengaku, kegiatan semacam ini biasanya hanya dilakukan manusia.

Untuk meneliti lebih lanjut, Pansisi memasang kamera di kandang kera ini. “Mandrill ternyata juga membersihkan telinganya dengan alat buatannya sendiri guna menjaga kebersihan,” ujarnya.

Menurutnya seperti ditulis Dailymail, kandang kera ini menjadi pendorong mandrill melakukan perilaku ini. Di alam liar, pedicure tak memiliki banyak arti.

Berbeda, ahli primata Dr Amanda Seed dari University of St Andrews meragukan kera ini meruncingkan ranting untuk membersihkan kuku kakinya. “Seperti saat hewan mengambil ranting dari pohon, otomatis mereka akan memodifikasinya,” katanya.

Laporan ini diterbitkan di jurnal Behavioural Precesses.

(inilah.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s