Hyena Menghitung Musuh untuk Bertahan

Hyena mampu bertahan di belantara dengan mengandalkan kemampuan mendengar dan menentukan jumlah musuh yang datang. Hewan hyena dapat mendeteksi suara-suara asing di sekitarnya, serta memperkirakan jumlah ancaman dari suara itu.

Kemampuan ini diperoleh dari evolusi otak besarnya. Ia mengembangkan kemampuan otak besar karena hidup di tengah lingkungan sosial yang kompleks, seperti halnya singa dan simpanse.

Kemampuan ini sangat penting untuk pertahanan diri, ia akan memutuskan untuk pergi dari tempat itu atau bertahan. Penelitian tentang ini dilaporkan di jurnal Animal Behavior seperti dikutip dari Futurity.

“Hewan ini lebih waspada jika kawanannya berjumlah sedikit, dan lebih berani jika ramai- ramai,” ungkap Sarah Benson-Amram dari studi zoologi Michigan State University.

Ia juga mengatakan, hyena biasa hidup di tengah kurang dari 90 ekor kawanannya. Sehingga, jika ada musuh datang, ia akan mendengar dan memperkirakan jumlah lawannya itu. Jika ia merasa ancaman yang datang jumlahnya lebih banyak daripada jumlah kawanannya sendiri, mereka akan merasa rentan. (inilah.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s