Alasan Jalan Pulang Selalu Lebih Cepat dari Pergi

Kebanyakan orang pasti pernah merasakan hal ini. Meski jarak dan jalan sama, perjalanan pulang selalu lebih cepat dibanding ketika pergi. Mengapa?

Ilmuwan yakin, ‘efek perjalanan pulang’ ini tak disebabkan karena orang merasa lebih mengenal jalan yang dilewatinya, namun karena perbedaan ekspektasi. Hal ini jelas berlawanan gagasan sebelumnya yang menyebutkan efek ini muncul merasa lebih mengenal jalan.

Kepala Peneliti Niels van de Ven dari Tilburg University di Belanda mengatakan, “Orang sering meremehkan seberapa lama perjalanan dan karenanya perjalanan terasa lama. Berdasarkan perasaan itu, pelancong beranggapan perjalanan pulang juga lama namun kemudian ternyata perjalanan pulang lebih cepat.”

“Estimasi berlebihan ini menuntun pada ilusi perjalanan kembali lebih cepat,” ujar peneliti seperti dikutip Dailymail.

Kesimpulan ini berdasarkan tiga hasil studi pendek saat 350 orang melakukan perjalanan menggunakan bus, sepeda atau menonton video orang mengendarai sepeda. Efek perjalanan pulang ini terasa lebih cepat bagi partisipan yang awalnya mengaku perjalanan perginya akan sangat lama. Ironisnya, partisipan yang mengira perjalanan pulang akan lebih lama secara mengejutkan malah kebalikannya.

Hingga kini, penjelasan populer mengenai fenomena ini adalah karena orang telah mengenal jalannya. Namun, hasil studi terbaru menunjukkan sebaliknya.

“Tak perlu mengenai rute untuk merasakan efek perjalanan pulang,” ujar salah satu penulis studi Michael Roy dari Elizabethtown College di Pennsylvania.

Menurut van de Ven, temuan ini mampu membantu membuat prediksi baru cara orang menjalani durasi kerjanya meski tak terkait perjalanan. Para ilmuwan juga mengaku berharap mampu menjelaskan lebih lanjut mengenai efek perjalanan pulang ini.

Hasil riset ini diterbitkan dalam jurnal Springer’s Psychonomic Bulletin & Review. (inilah.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s