Gigitan Komodo Kalah Kuat dari Kucing

Komodo memiliki reputasi sebagai mesin pembunuh. Binatang ini mampu melumpuhkan berbagai binatang, termasuk kerbau yang memiliki ukuran berkali lipat dari tubuhnya, dengan mudah. Namun, penelitian teranyar mengungkapkan kekuatan gigitan kadal terbesar di dunia ini ternyata masih kalah dari, believe it or not, gigitan kucing rumah. Bagaimana bisa?

Dengan panjang lebih dari sembilan kaki dan berat mencapai 100 kg, kadal raksasa ini mengandalkan kekuatannya saat berburu. Komodo juga menyuntikkan racun ke tubuh mangsanya dan merobek mereka dengan gigi setajam silet dengan teknik ‘membuka kaleng’.

Peneliti dari Rutgers University Amerika dan University of New South Wales asal Australia memasang potongan daging untuk penelitian mereka. Hasil penelitian menyebutkan komodo lebih mengandalkan bobot tubuh dan kekuatan otot untuk menjatuhkan mangsa, lalu kemudian merobek-robek daging mereka menggunakan gigi bergerigi.

“Saat kami diskusikan bersama dengan menggunakan modelling di komputer, data terbaru menunjukkan komodo bekerja seperti pembuka kaleng raksasa,” kata direktur grup peneliti ini, Stephen Wroe, seperti dikutip Dailymail.

Dengan menggunakan tubuhnya, komodo bisa menginvestasikan energi dalam otot dan tulang di kepala mereka.

“Orang menilai komodo ini merupakan hewan prasejarah dan primitif. Tapi, gambaran yang muncul dari penelitian, ini adalah makhluk pembunuh yang sangat efektif,” tambah Wroe. (vivanews.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s