Migrasi Lebah Simpan Sejarah Geologi

Dua spesies lebah yang memiliki kekerabatan, Melipona insularis dari Pulau Coiba Panama dan Melipona ambigua dari wilayah utara Kolombia, menyimpan sejarah geologi Amerika Selatan dan Tengah.

Wilayah Amerika Tengah dan Amerika Selatan diduga memiliki daratan penghubung selain Jembatan Panama, daratan “kecil” yang kini menyambungkan dua wilayah itu.

Penelitian menunjukkan bahwa kedua lebah tersebut berasal dari satu spesies lebah yang pernah hidup di wilayah Amazon dan bermigrasi ke Meksiko jutaan tahun lalu.

Para ilmuwan mengatakan bahwa secara umum, lebah memiliki migrasi yang terbatas. Lebah pekerja harus membuat sarang sebelum lebah lain migrasi membentuk koloni.

“Sangat tidak mungkin bagi mereka untuk migrasi mengarungi perairan,” kata David Rooubik, entomolog dari Smithsonian Tropoical Research Institute.

Kebanyakan para ilmuwan percaya bahwa daratan yang mendukung migrasi lebah adalah Jembatan Panama yang diperkirakan terbentuk akibat aktivitas tektonik dan vulkanik 3 juta tahun lalu.

Namun, Roubik membantahnya sebab nenek moyang Melipona insularis dan Melipona ambigua telah ada di Amazon sejak 22 juta tahun lalu dan menyebar ke Amerika Tengah sejak 17 tahun lalu.

Roubik mengatakan, “Pasti ada daratan sebelumnya yang menghubungkan wilayah Kolombia dan Kosta Rika. Ini adalah tanda dari hubungan yang telah tua itu.”

Meski belum bisa dibuktikan kebenarannya, tetapi Roubik percaya bahwa daratan penghubung itu jauh lebih tua dari Tanah Genting Panama. (kompas.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s