Kenapa Udara Dingin Bikin Perut Cepat Lapar?

Hujan yang turun sepanjang hari membuat suhu udara menjadi dingin, apalagi bila ditambah dengan pendingin ruangan (AC). Tak sedikit orang yang sering merasa lapar bila udara dingin. Mengapa demikian?

Udara dingin yang membuat orang cepat lapar adalah udara dengan suhu jauh di bawah suhu normal tubuh manusia.

Dilansir dari Paktribune, Rabu (22/9/2010), rasa lapar saat udara dingin dipicu oleh perubahan suhu tubuh. Pada saat suhu udara di lingkungan sekitar lebih dingin ketimbang suhu tubuh, maka tubuh akan berusaha untuk menormalkannya.

Untuk menormalkan perubahan suhu tersebut, dibutuhkan bahan bakar atau energi yang besar. Karena itu, jika berada di daerah yang dingin tubuh akan lebih cepat membakar energi sehingga membuat orang cepat merasa lapar.

Pembakaran energi yang cepat akan membuat tubuh mengirimkan sinyal rasa lapar. Hal ini akan membuat seseorang makan dengan lahap pada saat berada di daerah dingin atau saat musim dingin.

Hal yang sama juga terjadi pada saat seseorang selesai berenang. Hal ini disebabkan karena air yang digunakan untuk berenang biasanya lebih dingin dibandingkan udara di sekitar.

Merendam tubuh di dalam air yang dingin akan menurunkan suhu tubuh seseorang. Sehingga, saat seseorang keluar dari kolam renang atau ke udara yang bersuhu lebih panas, tubuh akan berusaha untuk menormalkannya.

Cara yang baik untuk mengatasi perubahan suhu di dalam tubuh adalah dengan melakukan beberapa peregangan ringan, berjalan cepat atau menyentuh air yang hangat. (detikhealth.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s