Makan Daging Mentah Bikin Galak? Itu Cuma Mitos

Ada anggapan bahwa manusia purba lebih agresif dan bisa menjadi petarung tangguh karena makan daging dan sayuran mentah. Namun penelitian membantahnya, sebab manusia justru tumbuh makin besar dan kuat setelah mengenal masak-memasak.

Sifat agresif biasanya muncul karena tubuh memiliki kelebihan energi yang tidak tersalurkan. Namun anggapan bahwa manusia purba mendapatkan kelebihan energi itu dari makan makanan mentah sepertinya harus dibuang jauh-jauh, sebab makan makanan matang jauh lebih bermanfaat.

Hasil penelitian di Harvard University menunjukkan, makanan memberikan lebih banyak manfaat jika dimasak daripada langsung ditelan mentah-mentah. Bukan cuma karena mudah dicerna, tetapi ada perubahan struktur biologis sehingga memberikan lebih banyak suplai energi.

Hal itu dibuktikan para peneliti melalui eksperimen dengan beberapa ekor tikus, yang dibagi menjadi 2 kelompok. Masing-masing diberi makan berupa daging dan sayuran, ada yang mendapat makanan yang sudah dimasak dan ada yang diberikan dalam kondisi mentah.

Setelah diamati, kelompok tikus yang mendapatkan makanan matang lebih banyak mengalami pertambahan berat badan. Selain itu, total kalori yang didapatkan juga lebih tinggi, teramati dari daya tahan para tikus ketika disuruh berlari dalam roda berputar.

“Kami asumsikan efeknya akan sama pada manusia, bahwa memasak makanan bisa memberikan tubuh lebih banyak energi meski yang dimakan lebih sedikit,” ungkap Rachel Carmody yang memimpin penelitian itu seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (8/11/2011).

Selain memberikan lebih banyak energi seperti yang terungkap dalam penelitian ini, masakan yang sudah dimasak tentu memudahkan tubuh untuk mencerna makanan. Selain itu jika ada cemaran bakteri atau kuman lainnya, makanan yang dimasak akan lebih steril dan sehat untuk dikonsumsi. (detikhealth.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s