Burung Gelatik Ternyata Bisa Berduet

Burung gelatik berekor polos yang hidup di Andes di pantai barat Amerika Selatan menunjukkan kemampuan yang tak dimiliki burung lain. Mereka bisa “bernyanyi” duet.

Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa sepasang gelatik jantan dan betina bisa bekerja sama menghasilkan nada dengan durasi 3-4 per detik. Suara itu terdengar seperti nyanyian.

Tiap individu berusaha menanggapi apa yang dilakukan pasangannya, menyesuaikan waktu dan nada sehingga menghasilkan melodi apik.

Eric Fortune, pakar ilmu syaraf dari John Hopkins University yang melakukan penelitian itu, mengatakan bahwa ritme duet antara dua gelatik menyerupai tarian manusia.

Dalam publikasinya di jurnal Science, ia mengatakan bahwa berdasarkan hasil pindai otak, gelatik terus belajar layaknya manusia belajar koreografi. Gelatik bisa mengingat keseluruhan “lagu” yang dinyanyikan, bukan hanya bagian-bagian “lagu” itu.

Dalam dunia gelatik, betina selalu memimpin dalam bernyanyi. Betina menyanyikan melodi-melodi dasar yang kemudian dilengkapi dengan melodi yang lebih variatif oleh burung jantan.

Peneliti menilai bahwa betina memanfaatkan nyanyian untuk memilih pasangan yang tepat dalam bereproduksi. Ketika betina sedang sendirian, maka ia akan menyanyikan penuh semua bagian “lagu” dengan keras. Tapi tak demikian dengan jantan. Mereka membuat lebih banyak kesalahan ketika berduet dan dalam “berlatih”. Burung-burung jantan ini pun lebih malu-malu. (kompas.com)

Iklan

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s