Bagaimana Badak Menyangga Badan dengan Kaki Kecil?

Para ilmuwan mengatakan badak menyangga badan dengan struktur kaki bagian dalam. Badak adalah salah satu binatang darat yang paling besar namun satu hal yang banyak dipertanyakan ilmuwan adalah bagaimana binatang ini bisa menyangga badan dengan kaki kecil?

Tim peneliti dari fakultas kedokteran hewan Inggris, Royal Veterinary College (RVC) mencoba mencari tahu lebih lanjut soal kaki badak ini. Badak di kebun binatang Cholchester dilatih untuk berjalan di satu trek yang dirancang khusus dengan berbagai sensor.

Dengan sensor ini, para ilmuwan dapat mengukur tekanan yang ditanggung kaki badak. Profesor John Hutchinson, dari laboratorium RVC, mengatakan, “Kaki badak merupakan misteri buat kami.”

“Tidak banyak yang tahu soal anatominya dan tidak ada yang mengetahui tentang mekanisme, fisiologi dan rincian penggunaan kaki,” kata Hutchinson.

Untuk menemukan lebih lanjut, para peneliti berkunjung ke kebun binatang Colchester tempat badak dilatih. Binatang ini diberi petunjuk khusus dengan dipegang culanya agar mereka berjalan melalui jalan kecil yang dilengkapi dengan sensor berat.

Profesor Hutchinson mengatakan, “Alat ini mengukur berat yang ditanggung di kaki-kaki badak.”

Kaki bagian dalam

Dr Olga Panagiotopoulou, yang juga ikut meneliti, tertarik untuk melihat perbedaan antara kaki gajah dan badak dan bagaimana binatang besar ini menyangga beratnya.

Gajah memiliki lima jari yang mengarah ke depan dan baru-baru ini ditemukan satu jari yang mengarah ke belakang. Jari ini lah yang menurut para ilmuwan menyangga berat binatang ini. Sementara badak memiliki tiga jari yang tampak terbagi rata di kaki.

Dr Panagiotopoulou mengatakan, “Hasil awal penelitian kami menunjukkan ada distribusi berat pada kaki gajah dan badak.”

“Gajah menyangga berat dengan bagian luar kaki, sementara badak dengan bagian dalam,” tambahnya.

“Tahapan berikutnya adalah untuk mencoba meneliti perbedaan anatomi dalam mekanisme (kaki).”

Tim ilmuwan ingin meneliti lebih lanjut tentang badak karena binatang yang tinggal dalam penangkaran sering mengalami masalah dengan kaki.

Prof Hutchinson mengatakan, “Semakin tahu kami tahu tentang cara kerja kaki badak, maka akan terbuka kemungkinan membantu binatang ini. Tim dari RVC mengatakan dengan mengetahui mekanisme kaki badak, mereka dapat menerapkan aplikasi untuk penggunaan lain.

Prof Hutchinson mengatakan, “Dengan memahami kaki badak, sebagai contoh binatang mamalia besar, maka kita dapat membuat alat yang dapat mengangkat berat dan dibawa berkeliling.” (detiknews.com)

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s