Tips Rahasia Membersihkan Lumut di Kamar Mandi

Lumut yang tumbuh di kamar mandi selain mengganggu pemandangan juga menimbulkan bau apek, belum lagi kalau tumbuhnya di lantai, bisa-bisa kita terpeleset karenanya. Lumut ini biasa tumbuh di kamar mandi karena keadaan ruangan yang lembab dan jarang terkena sinar matahari langsung.

Untuk mengatasinya ada beberapa cara membersihkan lumut di kamar mandi yang bisa kita lakukan sendiri dengan mudah dan murah selain dengan karbol yang banyak dijual di pasaran, bau karbol yang menyengat dan gatal di kulit bahkan tidak jarang menyebabkan iritasi menjadi alasan lain kita menggunakan cara dibawah ini.

Cara 1: Gunakan pemutih pakaian.
Pemutih pakaian dicampur dengan air dengan perbandingan 1:4, setelah diaduk rata gunakan campuran ini untuk membersihkan lumut dengan cara disiramkan pada tempat yang berlumut dan digosok dengan sikat, lakukan sampai bersih dan siram dengan air lalu keringkan.

Cara 2: Gunakan larutan garam.
Ambil garam dapur tiga sendok makan dicampur dengan 2 liter air, larutkan campuran tadi dengan cara dipanaskan dan siramkan selagi panas ke dinding/lantai yang berlumut. Bersihkan bagian yang berlumut dengan cara disikat/dikerok. Siram sekali lagi untuk membersihkan sisa-sisa lumut yang masih menempel.

Cara 3: Gunakan kaporit.
Ambil bubuk kaporit secukupnya dan taburkan ke seluruh permukaan lantai dan diamkan selama satu jam. Akan muncul buih-buih yang menandakan lumut sudah terangkat dan siram dengan air sampai bersih kemudian gosok dengan air sabun. Siram sekali lagi dengan air agar tidak licin. Dengan cara ini lantai akan bebas lumut dan bebas bau.

Cara 4: Gunakan bata merah.
Bata merah digunakan untuk menggosok lantai/dinding yang berlumut. Dengan cara ini lumut lebih mudah diangkat dari permukaan lantai/dinding karena tergerus oleh bata merah. Siram bersih dengan air.

Cara 5: Gunakan air aki.
Cara menggunakannya adalah dengan menyiramkan air aki ke lantai/dinding yang berlumut dan biarkan semalaman. Setelah semalaman lumut akan terkelupas tinggal kita sikat dan bersihkan, dengan begitu lantai akan bebas licin karena lumut.

Note: air aki yang digunakan adalah jenis accu zuur bukan air aki isi ulang (dibedakan dengan warna botolnya, accu zuur biasanya botol warna merah, air aki botol warna biru). Accu zuur (aki sir) adalah larutan asam sulfat sedangkan air aki adalah air destilasi atau air murni.

Yang perlu diperhatikan jangan sampai larutan accu zuur mengenai kulit karena akan menyebabkan gatal.

Selamat mencoba semoga bisa membantu membebaskan kamar mandi Anda dari lumut yang membandel.

Sumber: http://lakukan.blogspot.com/2012/02/cara-membersihkan-lumut-di-kamar-mandi.html

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s