Tips Membeli Laptop Baru/Bekas

Bagi anda yang hendak membeli laptop (yang baru maupun bekas) ada baiknya membekali diri dengan tips-tips berikut, karena salah pilih bisa-bisa hanya penyesalan yang akan anda dapat.

Tips Membeli Laptop Baru

Sebelum anda memutuskan membeli laptop merek X tipe Y, ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Apa yang akan anda kerjakan dengan laptop baru ini? Pekerjaan kantor, mengerjakan desain grafis, video editing atau hanya mengerjakan hal-hal yang ringan saja.

2. Seberapa sering dan intens anda berpindah dari satu tempat ke tempat lain dan bekerja dengan laptop anda? Semakin intens mobilitas anda, maka anda membutuhkan sebuah komputer yang lebih ringan dan portable.

3. Seberapa berat aplikasi yang akan sering anda gunakan? Semakin berat aplikasi, semakin anda dituntut untuk memilih laptop yang memiliki re-sources yang besar, mulai dari kecepatan prosesornya, ukuran RAM-nya maupun ukuran hard disk-nya dan tentunya hal ini juga membutuhkan dana lebih.

4. Seberapa sering anda berpindah dari satu komputer ke komputer yang lain dan seberapa besar data yang dipindah-pindahkan? Semakin berpindah-pindah dari satu komputer ke komputer lain dan semakin besar ukuran data yang dipindah-pindahkan, dengan sendirinya anda membutuhkan sebuah laptop dengan hard disk besar.

5. Seberapa banyak anda menggunakan periferal di dalam komputer? Apakah anda sembari menggunakan kamera digital, camcorder, storage eksternal? Karena jumlah port input pada laptop seperti USB sekarang ini jumlahnya sudah memadai minimal 2 buah.

6. Seberapa banyak anda berurusan dengan tampilan gambar? Semakin intens anda bersinggungan dengan urusan ini, layar display yang lebar akan membuat anda nyaman dan tentunya juga halnya dengan kartu grafis.

7. Seberapa lama anda bekerja menggunakan laptop? Semakin lama anda bekerja, semakin anda memerlukan laptop dengan daya tahan baterai yang tinggi. Bagaimanapun juga, anda tidak akan bisa mengandalkan listrik ada di sembarang tempat.

8. Pilihlah merek laptop yang sekiranya memiliki dukungan service center di wilayah anda tinggal. Atau setidaknya bisa anda jangkau dengan mudah, di mana kita tahu jaringan service center mereka kokoh atau tidak, memuaskan atau asal- asalan.

9. Terakhir, belilah laptop dari toko yang memberi garansi resmi, karena sekarang banyak sekali penjual yang menawarkan dagangannya lebih murah, tetapi setelah dilacak ternyata hanya memberikan garansi dari toko penjual saja bukan dari pabrikan pembuat laptop tersebut.

Dan yang tak kalah penting lagi, adalah apakah anda memang benar-benar membutuhkan laptop atau hanya sekadar untuk gaya-gayaan? Tentu, hanya anda yang bisa menjawab.

Tips Membeli Laptop Bekas

Membeli laptop bekas harus cermat dan ekstra hati-hati. Jangan hanya terpaku pada tampilan luarnya yang masih mulus saja. Berikut tips agar tak terjebak membeli laptop bekas (yang ternyata rusak).

1. Cek segel laptop, jika telah terbuka segelnya dapatkan informasi kepada penjual mengapa segel tersebut terbuka, mungkin ada penggantian hardware karena kerusakan.

2. Cek kondisi baterai laptop, pastikan baterai tidak drop dan masih memiliki ketahanan minimal 50% (tidak ada ketetapan yang pasti untuk hal ini).

3. Cek layar (display) laptop apakah ada dead pixel, karena display yang memiliki dead pixel akan mengurangi tampilan.

4. Cek garansi laptop. Bersyukurlah jika ternyata laptop masih dalam masa garansi.

5. Cek kelengkapan fiturnya seperti ketersediaan wifi, bluetooth maupun fitur lainnya sesuai kebutuhan Anda.

6. Cek fisik laptop apakah ada tanda-tanda kerusakan fisik, misal goresan akibat jatuh atau bahkan habis tenggelam dalam air.

7. Cek kondisi keyboard apakah semua tombol masih berfungsi dengan baik.

8. Cek touchpad, klik kanan dan klik kirinya.

9. Cek spesifikasi hardware apakah telah sesuai dengan penawaran penjual. Anda bisa melihatnya di BIOS atau dengan mengetikkan dxdiag di kolom run windows OS laptop tersebut.

10. Cek harga, bandingkan dengan harga pasaran. Gunakan internet untuk melakukan pengecekan ini.

11. Ajaklah teman Anda yang telah berpengalaman di bidang IT agar bisa memberi pertimbangan kepada Anda sebelum memutuskan untuk membeli laptop tersebut.

Nah, selanjutnya tinggal keputusan anda. Ingat, jangan salah pilih, karena pastinya anda akan merugi dan menyesal.

Semoga bermanfaat.

Referensi:
1.
http://dikma.info/tips-membeli-laptop-notebook-baru/
2. http://tantoroni.blogspot.com/2011/10/tips-sebelum-membeli-laptop-notebook.html

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

4 Balasan ke Tips Membeli Laptop Baru/Bekas

  1. DikMa berkata:

    terimakasih.
    mungkin untuk tips membeli laptop bekas
    dapat baca2 artikel sy yg masih dalam skedul > h–p://goo.gl/uTQ6y

  2. ario berkata:

    permisi mas,aq rncna mo beli laptop yg budgetnya 5,5jt..n stelah liat2 di internet..pilihan sy jatuh diantara laptop ini,
    1.Asus A53SD-SX490D
    2.Sony Vaio VPC-EG25EG
    3.ACER Aspire 4752G
    4.HP Pavilion G4-1208AX
    5.Lenovo IdeaPad G470 4390
    diantara kelima laptop ini yg plg ideal bwt aq yg mana ya mas?
    fungsi plg banter mngkin cma bwt ngetik,ngenet,n bisa maenin game footbal manager 2012..hehe
    tentunya krna aq orgnya mobile,cari laptop yg gx berat dan bisa dibawa kemana2.
    thanks,sori kebanyakan nanya2..

  3. notebook berkata:

    semakin membuka untuk para newbiw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s