Tips Keselamatan Saat Terjadi Badai Petir

Musim penghujan tentunya juga akan di ikuti oleh musim angin dan petir, dalam kondisi hujan lebat yang diiringi oleh petir dan angin besar sebaiknya anda tidak berada di luar ruangan. Berkumpul bersama keluarga merupakan hal terbaik yang dapat anda lakukan di saat itu.

Akan tetapi bagaimana jika badai petir dan angin tiba-tiba datang saat anda dalam perjalanan, berolahraga di luar ruangan, atau sedang berada di tempat terbuka dimana di saat-saat itulah kita dalam kondisi yang sangat rentan terhadap bahaya yang dapat ditimbulkan oleh petir dan angin kencang?

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat menjadi panduan bagi kita dan keluarga apabila berada dalam kondisi badai petir, karena beberapa tindakan di bawah ini dapat menyelamatkan anda saat terjadi badai petir.

SELALU WASPADA

1. Pantaulah kondisi cuaca lokal dengan menggunakan media TV atau radio, hal ini dapat anda lakukan baik anda sedang berada di rumah atau sedang berkendara.

2. Kenali tanda-tanda guntur dan petir mendekat dengan melihat bentuk awan yang menyerupai kembang kol dan menggantung, biasanya diiringi oleh suara guntur yang bergemuruh dan kilatan cahaya petir yang bergantian, apabila anda melihat situasi ini segeralah anda mencari tempat berlindung jangan menunggu petir mengancam anda. Jika anda sedang mengemudi, usahakan hindari arah perjalanan menuju arah badai.

MENCARI PERLINDUNGAN

1. Saat petir mengancam, segeralah anda mencari tempat perlindungan, bangunan tertutup atau gedung adalah pilihan terbaik sebagai tempat perlindungan.

2. Jika anda berada dalam mobil yang beratap (bukan kap terbuka), tetaplah tinggal di dalam mobil tersebut dengan kaca tertutup.

3. Sebisa mungkin hindari tempat perlindungan yang tidak tertutup seluruhnya atau tempat perlindungan yang sempit.

4. Posisi berlindung hendaknya beberapa meter dari jendela yang terbuka, tempat cuci piring, toilet, bak air, shower, kotak listrik dan peralatan lainnya. Karena petir dapat merambat melalui peralatan di atas dan meloncat untuk mengenai orang-orang yang berada di sekitarnya.

5. Jangan mandi atau menggunakan shower saat terjadi badai petir.

6. Hindari menggunakan telepon kabel, kecuali dalam kondisi yang sangat terpaksa, kerena apabila petir menyambar instalasi telepon, petir dapat merambat melalui kabel telepon. Penggunaan handphone lebih aman dari pada menggunakan telepon kabel.

<bJIKA TERJEBAK DI LUAR

Jika anda terjebak di luar, karena anda tidak dapat mencapai gedung, mobil atau tempat berlindung yang aman, anda harus mengetahui langkah-langkah berikut ini untuk dapat menyelamatkan hidup anda.

1. Jika bulu kuduk anda atau rambut Anda berdiri ke atas, kemungkinan anda tersambar petir dapat saja terjadi. Untuk itu lakukan dengan berjongkok dengan kaki berdekatan dan kepala direndahkan (merunduk). Letakkan tangan Anda pada lutut. Lakukan serendah mungkin tanpa menyentuhkan tangan atau lutut ke tanah. JANGAN BERBARING ATAU REBAH DI TANAH..!

2. Jika Anda berenang, memancing atau berperahu dan tiba-tiba ada awan, DISERTAI langit gelap dan dari jauh sudah terdengar bunyi bergemuruh guntur atau kilatan petir, segera ke darat dan mencari tempat perlindungan.

3. Jika Anda berada dalam perahu dan tidak bisa pergi ke bibir pantai, maka berjongkoklah di tengah perahu.

4. Jika Anda berada di darat, temukan tempat yang rendah jauh dari pohon, pagar besi, pipa, atau benda-benda yang tinggi atau panjang.

5. Jika Anda berada di hutan, carilah tempat areal tanaman atau pohon-pohon yang pendek. Kemudian jongkok dan jauh dari batang pohon.

MEMBANTU ORANG YANG TERSAMBAR PETIR

Ketika seseorang tersambar petir, perlu untuk mendapatkan bantuan darurat medis sesegera mungkin. Jika lebih dari satu orang yang tersambar petir, pertama, lakukan tindakan kepada korban yang masih sadar. Karena seseorang yang tersambar petir kemungkinan besar akan meninggal, tanpa denyut nadi atau tidak bernapas.

Seringkali korban dapat ditolong dengan melakukan resusitasi, yaitu pertolongan atau tindakan bantuan pernapasan buatan dari mulut ke mulut yang biasa disebut Cardio Pulmonary Resuscitation (CPR). Tidak ada bahaya bagi siapa saja membantu orang yang telah disambar petir -karena tidak ada muatan listrik pada korban. Dan CPR harus dicoba segera. Cidera lain yang biasanya terjadi akibat disambar petir adalah luka bakar, luka dan patah tulang. Segeralah mencari bantuan medis.

Nah, beberapa tips di atas saya harapkan dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua, paling tidak akan menjadi pengetahuan tambahan yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa kita ajarkan kepada keluarga di rumah.

Sumber: http://www.kerja-safety.blogspot.com/2011/12/tips-keselamatan-saat-terjadi-badai.html

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s