Yang Perlu Diketahui Tentang Gas Air Mata

Gas air mata memang sudah sering kita dengar, terutama ketika terjadi kerusuhan atau aksi demonstrasi. Ingin tahu lebih mengenainya? Simak.

Gas air mata adalah istilah yang digunakan untuk menyebut gas kimia yang digunakan untuk melumpuhkan dengan menyebabkan iritasi pada mata dan sistem pernapasan. Gas air mata bisa disimpan dalam bentuk semprotan maupun granat. Alat ini sangat lazim digunakan oleh kepolisian dalam melawan kerusuhan dan dalam penangkapan.

Gas air mata istilah bahasa Latinnya dikenal dengan nama lachrymator (yang berarti: “air mata”). Zat ini dapat menyebabkan mata perih, sehingga mengeluarkan air mata. Gas jenis ini pertama kali digunakan pada 1915.

Secara umum, zat lachrymatory biasa digunakan sebagai alat pengendali kerusuhan dan juga untuk perang. Selama Perang Dunia I lebih banyak zat lachrymatory digunakan untuk perang.

Zat yang paling umum ada di lachrymator, atau yang memiliki unsur lachrymator adalah: OC, CS, CR, CN, nonivamide, bromoacetone, phenacyl chloride, xylyl bromide dan syn-propanethial-S-oxide (dari bawang).

Gas air mata selalu menjadi andalan polisi untuk membubarkan kerumunan massa pada setiap aksi demonstrasi. Gas air mata yang menimbulkan efek perih di mata dan gatal di hidung serta tenggorokan kering membuat banyak para pengunjuk rasa kocar-kacir menghindarinya.

Sejarah Gas Air Mata

Dahulu, sebelum ditemukan gas air mata, polisi menggunakan tepung terigu. Pertama kali digunakan polisi di Paris, saat unjuk rasa buruh pabrik Mei 1909, di awal periode kebangkitan industri.

Pada pertengahan tahun 1920-an komponen utama gas air mata dibuat dari Chloroacetophenone yang disingkat CN. Namun penggunaan CN tidak lama, karena pada tahun 1928 telah ditemukan formula lain yang dianggap jauh lebih dahsyat. Ortho-Chlorobenzylidene Malononitrile disingkat CS, sama seperti inisial nama penemunya, Corson dan Stoughton. Dan tahun 1959 penggunaan CN sepenuhnya diganti CS karena terbukti lebih potensial dan kandungan racunnya lebih sedikit.

Efek Gas Air Mata

Gas air mata tidaklah berbahaya, tapi efek yang ditimbulkannya akan bertahan dalam waktu yang cukup lama, berupa gangguan terutama pada saluran pernapasan, pencernaan, dan sistem peredaran darah. Selain itu, efek susulan yang akan timbul berupa rasa mual, mulas, dan diare. Dalam jangka waktu panjang saluran pencernaan menjadi amat rentan dan lebih sensitif.

Cara Mengatasinya

Seringkali saat akan terkena gas air mata, kita diminta untuk mengusapkan odol di sekitar area mata, maksud sebenarnya dari pemberian odol sebelum terkena gas air mata adalah agar mata jadi terbiasa dulu dan tidak kaget lagi seandainya di tengah demo terjadi chaos dan bertebaran gas-gas airmata.

Jika terkena gas air mata, mata pun menjadi perih, namun bila sebelumnya sudah diberikan odol maka ketika mata terkena gas air mata tidak akan terlalu perih.

Sebenarnya cara paling jitu untuk mengatasi efek gas air mata adalah dengan menghindarinya. Jika Anda tahu akan terkena serangan gas air mata, sebaiknya Anda mempersiapkan diri sebaik-baiknya, agar akibat dahsyatnya paling tidak bisa dikurangi.

Membasahi handuk dengan air bersih, lalu menempelkannya di mata yang terkena gas air mata bisa meringankan efek perih gas air mata. Yang perlu diingat, jangan pernah menggosok-gosokkan handuk tadi ke daerah mata, tetapi cukup ditempelkan saja.

Anda juga dianjurkan mengenakan pakaian yang tertutup untuk mengurangi kemungkinan kulit bersentuhan secara langsung dengan butiran kristal gas air mata. Bila perlu Anda bisa memakai sarung tangan dan cadar, agar lebih aman lagi.

Atau, Anda dapat pula mengenakan peralatan perlindungan ‘Teargas Mask’ yang didesain dengan penyaring udara sehingga Anda bisa bernapas lebih leluasa meski ada ‘serangan’ gas air mata.

Sumber:
1. Inilah.com
2. Kompasiana
3. Gaptekupdate.com

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Yang Perlu Diketahui Tentang Gas Air Mata

  1. Andika Pebeje berkata:

    Wah , ini dia yg aku cari ..

    Maklum , Aktivis Kampus🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s