Ini yang Akan Terjadi Jika Jendela Pesawat Dibuka

Naik pesawat dengan jendela terbuka hanya ada di dalam film kartun saja. Dalam kehidupan nyata, hal ini sangat mustahil dilakukan. Menurut situs Livescience.com mengutip penulis Lifes Little Mysteries, gravitasi cenderung untuk menjaga molekul udara terkonsentrasi di dekat tanah. Jadi, atmosfer menipis ketika Anda naik. Udara menjadi sangat tipis pada ketinggian 10.000 kaki (3.000 meter).

Jendela pesawat harus dalam keadaan tertutup saat berada dalam ketinggian untuk mencegah para penumpang menderita hipoksia atau kekurangan oksigen. Karena tekanan udara yang rendah menyebabkan hawa yang sangat dingin, maka jendela yang selalu tertutup diperlukan untuk menjaga kabin cukup hangat.

Pada ketinggian 35.000 kaki (11.000 m), ketinggian umum dari jet komersial, tekanan udara turun menjadi kurang dari seperempat dari kondisi normal di atas permukaan laut, dan suhu luar turun di bawah minus 51 derajat Celcius, menurut The Engineering Toolbox. Jika jendela dibuka, maka dalam hitungan menit Anda akan mati karena udara dalam pesawat menguap dan kondisinya setara dengan keadaan di luar pesawat.

Situs ini menuliskan artikel itu menanggapi pernyataan Mitt Romney, yang belakangan diakui dalam konteks bercanda, mengomentari pendaratan darurat pesawat yang ditumpangi istrinya, Ann Romney.

Membahas insiden di sebuah acara penggalangan dana hari berikutnya, ia berkata, “Bila Anda memiliki masalah di dalam pesawat terbang, tidak ada tempat untuk menyelamatkan diri, dan Anda tidak dapat menemukan oksigen karena jendela tidak terbuka. Saya tidak tahu mengapa mereka tidak melakukan itu (membuka jendela). Ini adalah masalah nyata.. Jadi itu sangat berbahaya,” katanya.

Komentarnya ditanggapi dengan sinis oleh situs-situs sains. Namun, New York Times yang pertama kali menerbitkan tulisan itu kemudian menuliskan update bahwa omongan Romney dalam konteks bercanda.

Sumber: Tempo.co

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s